http://apotektradisional.com/

Diberdayakan oleh Blogger.

Inilah Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Jantung

Posted by Tanaman Obat

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Jantung .- Bawang putih atau yang memiliki nama latin Allium sativum adalam tanaman yang berasal dari asia tengah yang memiliki tinggi sekitar 50-60 cm dan masih termasuk kedalam golongan famili liliacia.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Jantung

Selama ini mungkin hanya mengenal bawang putih ini sebagai bumbum penyedap dalam masakan namun,perlu anda ketahui bahwa bawang putih memiliki manfaat untuk kesehatan salah satunya ialah baik bagi kesehatan jantung kita. ( baca juga : 4 tanaman obat untuk jantung koroner )

Berbagai penelitian telah dilakukan terhadap bawang putih ini yang ternyata memiliki efek positif terhadap peredaran darah kita.Dan berikut ini adalah beberapa manfaat positif tersebut : 
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menurunkan penggumpalan platelet
  • Menurunkan tingkat serum trigliserida dan LDL-kolesterol (jenis yang buruk)
  • Meningkatkan serum HDL-kolesterol (jenis yang baik) dan fibrinolisis (mencegah penggumpalan darah.)
  • Merangsang produksi oksida nitrat pada lapisan dinding pembuluh darah, untuk menjaga kelenturan pembuluh darah.
  • Membantu mencegah arteriosclerosis dan dengan demikian mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.
  • Dua atau tiga siung sehari bawang putih dapat mengurangi resiko serangan jantung pada separuh pasien jantung.
  • Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Life Science, dosis harian 1 ml/kg berat badan ekstrak bawang putih selama 6 bulan mengakibatkan penurunan signifikan kandungan radikal bebas dalam darah pasien arteriosclerosis.
  • Dianggap sebagai obat untuk impotensi karena melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.
 Dari beberapa efek positif atau khasiat diatas jelaslah sudah bahwa ternyata bawang putih memiliki manfaat untuk kesehatan jantung kita.Selain berguna bagi kesehatan jantung ternyata bawang putih juga mampu melawan sel kanker.Hal ini dikarenakan kandungan sulfur yang terdapat dalam bawang putih berpotensi untuk merusak sel-sel penyebab kanker, sehingga disebutkan bahwa mengkonsumsi bawang putih secara tidak langsung juga membantu mencegah munculnya sel-sel ganas dalam tubuh.

Nah, agar manfaat bawang putih ini lebih besar, perlu juga diperhatikan cara mengolahnya. Potonglah bawang putih terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam masakan, atau sekitar 10-15 menit sebelum dimasak. Hal ini dilakukan agar zat berkhasiatnya terbentuk dengan baik.

Demikianlah sekilas tentang manfaat bawang putih untuk kesehatan jantung ini semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda.Terima kasih banyak atas kunjungannya dan sampai jumpa.

Related Post



Posting Komentar