http://apotektradisional.com/

Diberdayakan oleh Blogger.

Khasiat Dan Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

Posted by Tanaman Obat

Khasiat Dan Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan .- Sambiloto atau dalam baha latin disebut dengan (Andrographis paniculata) merupakan tumbuhan tropis yang bisa tumbuh dimana saja.Di berbagai daera tumbuhan ini memiliki nama atau sebutan tersendi sepeti pada daerah sudan tanaman ii disebut ki oray,papaitan ( bahasa madura ),Sambiloto, ki pait, bidara, andiloto ( bahasa Jawa Tengah ), Ampadu tanah ( Bahasa Sumatera Barat ) dan Sambilata ( bahasa Melayu ).

Khasiat Dan Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan
Ilustrasi Daun Sambiloto

 Daun sambiloto ternyata memiliki manfat dan khasiat bagi kesehatan yakni berupa mencegah pembentukan radang, memperlancar air seni (diuretika), kencing manis, dan terkena racun. kandungan senyawa kalium memberikan khasiat menurunkan tekanan darah.Selain itu didalam daun sambiloto ini terdapat kandungan senyawa andrographolide.Senyawa ini terasa pahit, tapi memiliki sifat melindungi hati. Penilitian membuktikan bahwa senyawa ini mampu melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol. Senyawa ini juga berperan besar dalam menurunkan enzim CDK4 sehingga menekan pertumbuhan sel kangker. Senyawa andrographolide juga berkhasiat meninggalkan kekebalan tubuh. 

Sementara itu hasil percobaan dan penelitian farmakologi menunjukan bahwa air rebusan daun sambiloto 10% dengan takaran 0,3 ml/kg berat badan dapat memberikan penurunan kadar gula darah yang sebanding dengan pemberian subpensi glibenclamid. Selain itu, daun sambiloto juga dipercaya sebagai obat penyakit tifus dengan cara mengambil 10-15 daun yang direbus sampai mendidih dan diminum air rebusannya.

Demikianlah beberapa khasiat dan manfaat daun sambiloto untuk kesehatan,semoga bermanfaat dan terima kasih banyak sudah berkunjung dihalaman sederhana ini. . .dan salam sehat !!!

Related Post



Obat Herbal Demam Berdarah mengatakan...

wah ternyata banyak juga ya manfaat dan khasiatnya buat kesehatan

Pengobatan Herbal Kanker Darah mengatakan...

Ini kaya tanaman yang suka tumbuh liar yaa di pinggiran sungai?? tapi gak tau juga sih, hihih

Pengobatan Herbal Jantung Koroner mengatakan...

terimaaksih infonya ...

Pengobatan Herbal Jantung Bocor mengatakan...

Kunjungan sorre niii ...

tongsis mengatakan...

Terima kasih atas artikelnya..

Pengobatan Herbal Infeksi Paru Paru mengatakan...

Ditunggu informasi menegenai tumbuhna

Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Kanker Paru Paru mengatakan...

Siang ...

Obat Tradisional Penyakit Gondok Beracun mengatakan...

Ditunggu info terbarunya nih minn

Posting Komentar